Sabtu, 24 September 2011

Electronic Commerce

E-Commerce? Istilah ini mungkin asing bagi orang awam, tapi bagi netizen apalagi praktisi IT jelas istilah ini makin akrab saja. Untuk memudahkan pemahaman anggap saja E-commerce sama dengan Bisnis Online Lewat Internet, yaitu jual beli barang dan jasa melalui medium elektronik, khususnya melalui internet. Salah satu contoh adalah penjualan produk secara online melalui internet seperti yang dilakukan Amazon dan eBay.

Definisi Electronic Commerce

Electronic commerce merupakan konsep dari pemasaran global yang di gambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada dunia online atau pertukaran informasi melalui jaringan informasi internet (Turban, Lee, King, Chung, 2000).

Bila sebagian orang mengartikan istilah commerce (perdagangan) sebagai transaksi yang dilakukan antar perusahaan yang berekanan / berpartner. Sebab inilah yang membuat istilah E-commerce menjadi terkesan sempit dari sebagian orang tertentu. Kemudian munculah istilah e-Business, yang didefinisikan mengacu pada E-commerce yang lebih luas, yang tidak hanya sekedar proses menjual dan membeli tapi juga berarti melayani pelanggan, berkolaborasi dengan partner bisnis dan dalam lingkungan suatu organisasi.

Sebagai contoh, pada proses membeli buku di amazone.com, bukanlah murni E-commerce, sebab saat pesanan ini dilakukan via online, buku tersebut dikirim pada pemesan melalui perusahaan pengiriman barang seperti FedEx, akan tetapi membeli software di Grisoft merupakan E-commerce murni, karena pengiriman, pembayaran, dan perantara perdagangan semuanya dilakukan dalam sistem digital. Memang aktivitas bisnis selalu membutuhkan tempat, maka aplikasi E-commerce dibangun dengan infrastruktur teknologi yang ada seperti Web Server Hosting, Domain Name, Koneksi Internet, Web Progamming, Database MySQL, dan lain-lainnya.

Bila banyak orang diantara kita memandang E-commerce itu hanya sekedar situs Web belaka, padahal yang sesungguhnya lebih luas dari itu.

Sejarah E-commerce

 Kita Bagi tiga periode tentang sejarah Bisnis Online ini, yaitu: Era 1979 - 1989, di mana masa itu Internet belumlah semaju dan seluas sekarang. Internet lahir pada tahun 1969 ketika sebuah kelompok peneliti di Departemen Pertahanan Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Hubungan ini dilakukan untuk menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain mengenai proyek-proyek pemerintah. Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet–ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS.

Baru Pada tahun 1979 Michael Aldrich mengembangkan pendahulu belanja online untuk memungkinkan proses transaksi online antara konsumen dan bisnis, atau antara satu bisnis dan lain, teknik yang dikenal kemudian sebagai E-commerce .

Sekarang Bisnis ONline sudah berkembang dengan pesatnya dengan beragam barang barang yang dijual. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di info grafik di bawah ini.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar