Senin, 09 November 2009

Twitter Sebagai Online Media

Zaman Sekarang makin marak situs jejaring sosial yang semakin populer di dunia maya. Populernya jejaring ini karena mudahnya mencari teman dan saling berbagi foto, info dan pesan tanpa melihat perbedaan waktu, tempat, dan juga budaya. Diawali dengan munculnya Friendster dan MySpace, lalu populernya Facebook yang membuat Friendster seperti ketinggalan zaman. Tidak kalah fenomenalnya, munculah Twitter di Indonesia sebagai situs jejaring social dan online media yang “aneh” dan mempunyai format yang berbeda dengan situs jejaring social lainnya. Mengapa disebut “aneh”? Karena Twitter adalah sebuah micro-blogging yang sangat berbeda dengan konsep jejaring social lainnya. Tapi apa sebetulnya Twitter itu??

 

Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh tiga orang dari perusahaan rintisan Obvious Corp, yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Jejaring sosial berlogo burung berwarna biru ini sebenarnya sama saja dengan jejaring sosial lainnya. Bedanya, Konsep yang diusung oleh Twitter adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di dalam kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh dunia.

 

Format jawaban pendek yang disebut dengan Tweet itu menunjukkan karakteristik layanan yang diberikan oleh Twitter yang merupakan keunggulannya dibanding situs lain. Twitter memudahkan disampaikannya informasi singkat dan padat tanpa harus mengirim SMS atau e-mail. Keunggulan lainnya adalah kita bisa berbagi informasi dengan orang-orang lain di luar kontak HP atau e-mail kita. Hal ini secara tidak langsung bisa membuat teman kita bertambah lebih banyak, lebih luas, dan kita bisa bergabung ke dalam komunitas orang-orang yang lebih besar dan cepat berkembang. Selain Tweet, kita bisa mengirimkan pesan singkat kita melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Firefox.

 

Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna dan juga Twitter bisa dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan, apakah itu untuk urusan pribadi ataupun untuk urusan bisnis.

 

Twitter bisa digunakan sebagai sarana yang hebat untuk terus berhubungan dengan teman-teman kita. Kita bisa memberikan informasi dengan cepat tentang keberadaan kita ataupun apa yang akan kita lakukan. Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.

 

Beberapa istilah yang dipergunakan di Twitter:

o       Tweet - sesuatu yang ditulis di status Twitter

o       @ - penanda yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut

o       Reply - balasan

o       Following - pengguna lain yang tweet nya akan selalu diterima

o       Follower - pengguna lain yang akan selalu menerima tweet

o       ReTweet (RT)

o       Direct Messages - pesan personal

o       Favorites - menyimpan tweet tertentu yang diinginkan

o       Hash Tags (#) - penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

o       Trending Topics - topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan

o       OverHeard (OH) - penulisan tweet milik orang lain pada status tanpa ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya, OH ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan

o       HeardTrough (HT) - penulisan tweet berdasarkan sesuatu yang didengar dalam kehidupan nyata, HT ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan di sana

 

FURTHER READING

ü      Tulisan Noppy, KapanLagi.com, Senin 30 Maret 2009 15:48

ü      Wikipedia.com

ü      Twitter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar