Senin, 23 Mei 2011

Analisa Watermarking

 Sob, bantuin gue dong, simple kok, cuma ngebandingin gambar-gambar dibawah ini:

GRAYSCALE

Dari tiga gambar grayscale dibawah ini, secara sekilas ada perbandingannya apa nggak.


COLOUR

  Dari tiga gambar colour dibawah ini, secara sekilas ada perbandingannya apa nggak.



Jadi, format jawabannya gini:

GRAYSCALE = SAMA / BEDA (pilih salah satu)
COLOUR = SAMA / BEDA (pilih salah satu)
Misalnya beda, tolong kasih alasannya ya.

thanks before bagi yang sudah meluangkan waktunya!
READ MORE..

Kamis, 19 Mei 2011

Sindrom Asperger


Sindrom Asperger (bahasa Inggris: Asperger syndrome, Asperger's syndrome, Asperger's disorder, Asperger's atau AS) adalah salah satu gejala autisme di mana para penderitanya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, sehingga kurang begitu diterima. Sindrom ini ditemukan oleh Hans Asperger pada tahun 1944. Sindrom Asperger dibedakan dengan gejala autisme lainnya dilihat dari kemampuan linguistik dan kognitif para penderitanya yang relatif tidak mengalami penurunan, bahkan dengan IQ yang relatif tinggi atau rata-rata (ini berarti sebagian besar penderita sindrom Asperger bisa hidup secara mandiri, tidak seperti autisme lainnya). Sindrom Asperger juga bukanlah sebuah penyakit mental.

Ketika orang berbicara, umumnya mereka menggunakan bahasa tubuh seperti senyuman dan komunikasi nonverbal lainnya, dan juga kata-kata yang dikeluarkan oleh mereka cenderung memiliki lebih dari satu buah makna. Seorang penderita sindrom Asperger memiliki kesulitan untuk memahami bentuk-bentuk komunikasi non-verbal serta kata-kata yang memiliki banyak arti seperti itu, dan mereka hanya memahami apa arti kata tersebut, seperti yang ia pahami di dalam kamus. Para penderita sindrom Asperger tidak mengetahui bagaimana memahami ironi, sarkasme, dan penggunaan bahasa slang, apalagi memahami mimik muka/eskpersi orang lain. Mereka juga tidak tahu bagaimana caranya untuk bersosialisasi dengan orang lain dan cenderung menjadi pemalu.

Para dokter melihat sindrom Asperger sebagai sebuah bentuk autisme. Seringnya, disebut sebagai "autisme yang memiliki banyak fungsi/high-functioning autism". Hal ini berarti setiap penderita sindrom Asperger terlihat seperti halnya bukan seorang autis, tetapi ketika dilihat, otak mereka bekerja secara berbeda dari orang lain. Para dokter juga sering mengambil kesimpulan yang salah mengenai sindrom Asperger setelah mendiagnosis penderitanya, dan memvonisnya sebagai pengidap skizofrenia, ADHD, sindrom Tourette atau kelainan mental lainnya.


Bagian otak yang memiliki kaitan untuk melakukan hubungan sosial dengan orang lain juga sebenarnya mengontrol bagaimana tubuh bergerak dan juga keseimbangan tubuh. Karena itu, seorang penderita sindrom Asperger mungkin mengalami masalah yang melibatkan pergerakan tubuh, seperti halnya olah raga, atau bahkan jalan kaki, yang kadang-kadang sering terpeleset. Mereka juga memiliki kebiasaan grogi/nervous.


Para penderita sindrom Asperger cenderung lebih baik dibandingkan orang-orang lain dalam beberapa hal seperti matematika dan hitung-hitungan, tulisan serta pemrograman komputer. Banyak Penderita sindrom Asperger memiliki cara penulisan yang lebih baik dibandingkan dengan cara mereka berbicara dengan orang lain. Mereka juga memiliki sebuah minat yang khusus yang mereka tekuni dan bahkan mereka menekuninya sangat detail, serta mereka justru menemukan hal-hal kecil yang orang lain sering melewatkannya

Seperti pada Autisme Masa Kanak, Sindrom Asperger (SA) juga lebih banyak terdapat pada anak laki-laki daripada wanita.
Anak SA juga mempunyai gangguan dalam bidang komunikasi, interaksi sosial maupun perilaku, namun tidak separah seperti pada Autisme.

Pada kebanyakan dari anak-anak ini perkembangan bicara tidak terganggu. Bicaranya tepat waktu dan cukup lancar, meskipun ada juga yang bicaranya agak terlambat. Namun meskipun mereka pandai bicara, mereka kurang bisa komunikasi secara timbal balik. Komunikasi biasanya jalannya searah, dimana anak banyak bicara mengenai apa yang saat itu menjadi obsesinya, tanpa bisa merasakan apakah lawan bicaranya merasa tertarik atau tidak. Seringkali mereka mempunyai cara bicara dengan tata bahasa yang baku dan dalam berkomunikasi kurang menggunakan bahasa tubuh. Ekspresi muka pun kurang hidup bila dibanding anak-anak lain seumurnya.

Mereka biasanya terobsesi dengan kuat pada suatu benda/subjek tertentu, seperti mobil, pesawat terbang, atau hal-hal ilmiah lain. Mereka mengetahui dengan sangat detil mengenai hal yang menjadi obsesinya. Obsesi inipun biasanya berganti-ganti.Kebanyakan anak SA cerdas, mempunyai daya ingat yang kuat dan tidak mempunyai kesulitan dalam pelajaran disekolah.

Mereka mempunyai sifat yang kaku, misalnya bila mereka telah mempelajari sesuatu aturan, maka mereka akan menerapkannya secara kaku, dan akan merasa sangat marah bila orang lain melanggar peraturan tersebut. Misalnya: harus berhenti bila lampu lalu lintas kuning, membuang sampah dijalan secara sembarangan.

Dalam interaksi sosial juga mereka mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan teman sebaya. Mereka lebih tertarik pada buku atau komputer daripada teman. Mereka sulit berempati dan tidak bisa melihat/menginterpretasikan ekspresi wajah orang lain.

Perilakunya kadang-kadang tidak mengikuti norma sosial, memotong pembicaraan orang seenaknya, mengatakan sesuatu tentang seseorang didepan orang tersebut tanpa merasa bersalah (mis. “Ibu, lihat, bapak itu kepalanya botak dan hidungnya besar ”). Kalau diberi tahu bahwa tidak boleh mengatakan begitu, ia akan menjawab : “Tapi itu kan benar Bu.”

Anak SA jarang yang menunjukkan gerakan-gerakan motorik yang aneh seperti mengepak-ngepak atau melompat-lompat atau stimulasi diri.

Film Yang Bercerita Tentang Sindrom Asperger:

Mary And Max

“Max hoped Mary would  write again. He’d always wanted a friend. A friend  that wasn’t invisible, a pet or rubber figurine.”

Film yang berlatar belakang 1976 sampai 1994 ini adalah karya Adam Elliot yang memenangkan animasi terbaik di Asia Pacific Screen Awards pada November 2009. Walaupun animasinya tidak secanggih karya Pixar, emosi dan pesan yang ditampilkan di Mary and Max begitu kuat.

Film Mary and Max bercerita tentang Mary, seorang gadis 8 tahun yang memiliki tanda lahir di dahi dan sering dihina karenanya. Mary, yang tinggal di Australia, memiliki pertanyaan-pertanyaan mengenai kehidupan namun tidak memiliki orang yang bisa ditanya. Ibunya seorang alkoholik dan ayahnya sibuk bekerja sebagai pegawai pabrik. Mary memiliki sebuah ide, ia memutuskan untuk memilih nama dan alamat orang yang secara acak didapat dari buku telepon ketika ia pergi bersama ibunya. Kemudian ia mengirim surat kepada orang yang namanya ada di sobekan kertas untuk bertanya pertanyaan pertama ‘darimana bayi berasal?’.

Surat itu tertuju pada Max Horowitz, seorang pria yang berumur 44 tahun dan tinggal di New York. Mary dan Max bersahabat pena. Aksi saling balas surat yang berisi tentang cerita diri, kehidupan sehari-hari, dan kehidupan orang yang ada disekitar ini sangat menarik. Dunia yang sederhana dari sudut pandang Mary ditimpali dengan dunia yang kompleks dari sudut pandang Max – seorang Yahudi atheis. Hubungan tanpa tatap muka ini terus berlanjut selama 20 tahun. Lama kelamaan, Mary menganggap Max sebagai sahabat dan orang yang paling mengertinya, begitu pula dengan Max. You are my best friend. You are my only friend.

Berbeda dengan Mary yang tinggal dikawasan pinggiran kota bersama orang tua, Max tinggal sendirian di pusat kota. Kesendiriannya ini diakibatkan oleh sindrom Asperger yang diidapnya sehingga Max sulit membangun komunikasi dan interaksi dengan orang lain.

Karakteristik sindrom asperger digambarkan dengan baik oleh penulis film ini. Dalam cerita, tokoh Max mengungkapkan sendiri lima karakteristik yang ia miliki. Ia menyebutkan:

1.      I find the world very confusing  and chaotic because my mind is very literal and logical
Salah satu karakteristik pada sindrom asperger ini adalah ketidakmampuan membaca situasi sosial.  Misalnya ketika Max buang angin sembarangan di lift. Ia melihat hal tersebut sebagai suatu kejujuran dimana ia harus mengeluarkan gas tanpa ditahan. Namun orang lain malah melihat kejujuran yang ia maksud itu sebagai sesuatu yang tidak sopan. Max bingung dengan keadaan ini.

2.      I have trouble understanding the expression on people’s faces
Orang-orang yang berada memiliki PDD ini sulit berkomunikasi secara verbal dan non verbal dengan orang lain. Dalam film ini, diceritakan seorang wanita yang ditemui di overeaters anonymous menyukai Max dan selalu memberikan tanda-tanda non-verbal namun Max tidak mengerti. Karena tidak mengerti dengan ekspresi non-verbal orang lain, Max memiliki buku mengenai gambar ekspresi wajah bagaimana wajah yang marah, sedih, dan lainnya. Ketika ia berurusan dengan orang lain yang menunjukkan ekspresi tertentu, ia membaca bukunya untuk menebak apa yang dirasakan orang lain tersebut.
Dalam film ini, dicertakan Max pernah diserang oleh seekor burung ketika berjalan sehingga ia harus menggunakan helm kemanapun ia pergi. Ia dan helm tersebut membuat orang lain geli melihatnya sehingga Max ditertawakan. Max tahu orang lain tertawa padanya namun ia tidak mengerti kenapa mereka menertawakannya.

3.      Bad handwriting and hypersensitive, clumsy, and get very concerned
Hypersensitivitas yang dimiliki Max ditandai dengan sensitivitas sensori yang berlebih. Ini ditandai dimana Max mudah terkejut ketika mendengar suara dering telepon, ia menganggap New York – tempat tinggalnya – sangat tidak cocok baginya karena terlalu ramai, lampu-lampunya terang benderang, suara yang tiba-tiba, dan bebauan yang kuat. Max bilang ia ingin tinggal di bulan karena lebih hening.
Hipersensitivitas ini membuat Max menggunakan penyumbat hidung dan telinga ketika ia keluar dari apartment-nya.

4.      Like solving problems
Max bisa memecahkan Rubik’s Cube.

5.      I have trouble expressing my emotions
Selain tidak mengerti membaca ekspresi, orang dengan asperger sindrom pun sulit mengekspresikan emosinya. Dalam cerita ini ditandai dengan Max yang kesulitan untuk tersenyum walaupun ia melewati suatu hal yang menyenangkan. Lalu bagaimana jika orang dengan asperger sindrom merasakan cinta? Dalam film disebutkan pernah Max merasakannya namun sulit mengekspresikannya. Max mengatakan, “Love is a foreign language like a scuba diving or jogging”.

Terdapat karakteristik lain yang berada di dalam payung PDD yang ditunjukkan Max namun tidak diceritakan:

1.    Rigid atau kekakuan yang ia miliki yaitu ia memiliki lebih dari dua pakaian olahraga yang selalu ia pakai dengan ukuran dan warna yang sama. Kekakuan biasanya membuat orang yang memiliki asperger sindrom ini memiliki rutinitas yang terjadwal. Biasanya, jika rutinitas itu berubah, mereka akan marah. Di film ini ditunjukkan ketika pertama kali Max menerima surat dari Mary dan ia mengelami anxiety attack karena rutinitasnya berubah. Dalam keseharian, contoh rutinitas yang tidak boleh berubah adalah orang yang biasanya harus melewati jalan tertentu ketika mencapai tujuan tertentu. Jika melewati jalan lain, biasanya orang itu akan marah.

2.   Perilaku yang cenderung normatif atau taat peraturan. Misalnya Max sangat terganggu ketika orang membuat puntung rokok sembarangan, heran dan menganggap bodoh orang-orang yang menebang pohon sembarangan padahal mereka sendiri membutuhkan oksigen, dan Max mempertanyakan kenapa orang-orang harus membuat jadwal bis sementara bis selalu datang telat.

3.      Pemilih dalam makanan juga salah satu karakteristik pada PDD. Walaupun ini tidak disebutkan oleh Max dalam cerita, namun terlihat sekali dimana Max hanya makan-makanan instan dan hotdog cokelat. Inilah yang membuat dirinya obesitas dan harus mengemui psikiater dan masuk ke dalam kelompok overeaters anonymous.

4.      Gangguan tidur. Max hanya tidur dua jam setiap malamnya.

Jika dilihat dari psikologi sosial, seorang psikiater asal Wina bernama Alfred Adler, berpendapat bahwa pada dasarnya setiap manusia dimotivasikan oleh dorongan-dorongan sosial dan manusia adalah makhluk sosial. Dorongan ini dibawa sejak lahir meskipun tipe-tipe khusus hubungan manusia dan pranata-pranata sosial yang berkembang ditentukan oleh corak masyarakat tempat manusia itu dilahirkan. Setiap manusia berada dalam suatu konteks sosial sejak hari pertama hidupnya karena semenjak saat itu manusia terlibat hubungan antarpribadi bayi dan ibunya.

Jadi, jika mengikuti teori Adler, tidak peduli seseorang memiliki pribadi yang introvert atau bahkan mengidap Asperger seperti Max, pasti memiliki minat sosial. Walaupun tidak muncul secara spontan, ini adalah sebuah kodrat – singkatnya – bukan karena kebiasaan belaka. Oleh karena itu, tidaklah heran ketika munculnya sebuah ironi dalam keterbatasannya berhubungan sosial ketika Max berkata kepada Mary melalui suratnya, “I find human is interesting but I have trouble understanding them. I think, however, I will understand and trust you.” (Nia Janiar)

Sumber:







READ MORE..

Pretty Good Privacy


PGP adalah singkatan dari Pretty Good Privacy, dan merupakan program enkripsi yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi dengan menggunakan “private-public key” sebagai dasar autentifikasinya. PGP pertama diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Philip Zimmermann untuk menyandikan data dalam pengiriman surat elektronik. Dalam proses penyandian data ini, PGP mengikuti standar RFC 4880.

PGP memiliki dua versi, yaitu USA version dan International version.  PGP veris USA hanya dapat digunakan di wilayah Amerika dan hanya berlaku untuk warganegara Amerika saja. Versi USA ini menggunakan algoritma asimetrik, yaitu RSA algorithm dalam proses enkripsi dan dekripsinya. Sedangkan untuk versi internasional, PGP dapat digunakan oleh semua warganegara di seluruh penjuru dunia. Algoritma penyandian yang digunakan adalah algoritma MPILIB yang merupakan algoritma buatan Phill Zimmermann. Untuk membedakan antara versi USA dan internasional, dapat dengan cara melihat penulisannya. PGP versi internasional menambahkan akhiran “i” pada nomor seri PGP. Contohnya, nomor versi PGP terakhir adalah 7.0.3 untuk versi USA dan 7.0.3i untuk versi internasional. Beberapa tahun belakangan ini, penggemar dan pengguna PGP semakin meningkat sehingga PGP telah menjadi standar de-facto program enkripsi untuk electronic mail. Versi International lebih banyak digunakan oleh masyarakat dunia karena kapabilitasnya . Layanan PGP versi ini dapat berlaku ke seluruh mancanegara.  Jadi, ketika seseorang mengirim e-mail menggunakan PGP versi ini, maka penerima dapat mambaca e-mail tersebut karena versi yang digunakan bersifat universal.

Pada dasarnya, PGP merupakan program yang digunakan untuk mengenkripsi satu atau lebih dokumen. Dengan PGP tersebut, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membaca file-file enkripsi tersebut. Bagaimana PGP sebagai program enkripsi dokumen bisa digunakan untuk pengiriman e-mail? Sebenarnya, program PGP mengenkripsi isi mail yang kita tulis menjadi sebuah file. File tersebut dibaca oleh program mail yang kemudian dikirimkan ke tujuan. Penerima e-mail harus menyimpan mail tersebut ke dalam sebuah file. File tersebut didekripsi sehingga isi mail aslinya akan terlihat. Jadi, mail yang dikirimkan adalah dalam bentuk terenkripsi sehingga tidak bisa dibaca dengan mudah oleh orang-orang yang tidak memiliki akses membaca mail tersebut.

Beberapa istilah yang sering digunakan:

o       Cryptography / Encryption
Ilmu pengetahuan yang mempelajari pengacakan text sehingga tidak seorang pun yang dapat mengetahuinya kecuali bila ia tahu kode yang digunakan untuk men-dechipernya.

o       Conventional Cryptography
Suatu metode encryption/enkripsi di mana suatu kunci digunakan untuk melakukan enksripsi dan dekripsi suatu plaintext.

o       Encrypt / Encipher
Pengacakan / scramble dari suatu informasi.

o       Decrypt / Decipher
Mengembalikan informasi yang telah diacak menjadi bentuk informasi yang semula.

o       Ciphertext / Cipher
Text setelah dilakukan proses  enkripsi

o       Plaintext
Text yang akan dienkripsi

o       Key
Kode yang digunakan untuk melakukan enchiper dan atau dechiper suatu text. Dalam kriptografi konvensional, kunci yang digunakan untuk  enkripsi dan dekripsi adalah sama. Dalam public-key cryptography,kunci untuk enkripsi dan dekripsi berbeda.

o       Public-key Crypto
Suatu sistem yang menggunakan dua kunci; yaitu  public key  dan the secret key yang lebih baik dan lebih praktis dibandingkan dengan conventional crypto. Tujuan utamanya adalah kemudahan dalam manajemen kunci.

o       Algorithm
Algorithm adalah program  crypto apa yang digunakan untuk melakukan enkripsi. Ia bukanlah suatu kunci, tetapi menghasilkan kunci. Suatu algoritma yang kuat/bagus akan manghasilkan crypto yang kuat.bagus juga. PGP menggunakan IDEA untuk bagian crypto yang konvensional, dan RSA untuk bagian  public-key . keduanya adalah algoritma yang bagus, namun RSA lebih bagus daripada IDEA.

o       Passphrase
Adalah suatu word  atau phrase, atau bahkan hanya karakter acak,  yang digunakan PGP untuk mengidentifikasi seseorang sebagai person yang diinginkan oleh orang tersebut. Suatu  passphrase sebaiknya lebih dari satu word,  dan jangan pernah membuat yang orang lain dapat menebaknya, seperti nama, nama tengah, binatang kesayangan, nama anak, hari ultah, nama pacar, alamat, band favorit dsb. suatu passphrase yang ideal, adalah setengah dari baris  text.  Sebaiknya lebih dari tiga word dan mengandung hal-hal berikut:  proper name, suatu slang atau vulgar word, dan irregular capitalization, sebagai contoh: tHe, benny, dll. JUGA, Sifat lainnya adalah ia harus mudah diketik secara cepat, tanpa error, dan tanpa perlu melihatnya pada layar.

o       Public Key
Adalah suatu kunci yang memiliki sifat sebagai berikut : mempunyai suatu koneksi, sangat berbeda dari yang lainnya, didistribusikan dalam jumlah yang besar , melaluui banyak channel, secure atau insecure.

o       Secret Key
Adalah suatu kunci yang dimiliki oleh kita dan hanya kita seorang, dan tidak pernah diperlihatkan kepada publik.

o       ASCII armor/radix-64
Adalah suatu format yang digunakan PGP  untuk mengkonversi default binary ciphertext, yang tidak dapat ditransfer melalui jaringan, menjadi suatu bentuk  ASCII yang dapat dikirmkan melalui email atau usenet. 

Prinsip Kerja PGP

PGP, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya,  menggunakan  teknik yang disebut public-key encryption  dengan dua kode. Kode-kode ini berhubungan secara intrinsik, namun tidak mungkin untuk memecahkan satu dan yang lainnya.

Bila suatu ketika kita membuat suatu kunci, maka secara otomatis akan dihasilkan sepasang kunci yaitu  public key and secret key. Kita dapat  memberikan  public key ke manapun  tujuan yang kita inginkan, melalui telephone,  internet, keyserver, dsb. Secret key yang disimpan pada mesin kita dan menggunakan messager decipher akan dikirimkan ke kita. Jadi orang  yang akan menggunakan public key kita  (yang  hanya dapat didekripsi oleh oleh secret key kita), mengirimkan messages kepada kita , dan  kita akan menggunakan secret key untuk membacanya.
   
Kenapa menggunakan dua kunci? Karena dengan  conventional crypto, di saat  terjadi transfer informasi kunci, suatu secure channel  diperlukan. Dan jika kita memiliki suatu secure channel, mengapa kita menggunakan crypto? Namun dengan public-key system, tidak akan menjadi masalah siapa yang melihat kunci milik kita, karena kunci yang dilihat orang lain adalah yang digunakan hanya untuk enkripsi dan hanya kita sebagai pemilik yang mengetahui secret key; yaitu key yang berhubungan secara fisik dengan komputer kita  yang dapat melakukan proses dekripsi dengan public key yang ada dan kemudian kita masukan lagi passphrase.  Jadi seseorang mungkin dapat mencuri passphrase  yang kita ketikkan, namun ia dapat membaca  hanya  jika  ia dapat mengakses komputer kita

Dasar-dasar PGP

Sebelum menggunakan program PGP, ada baiknya kita tinjau terlebih dahulu konsep yang digunakan oleh PGP. Hal ini bertujuan agar istilah-istilah dalam PGP dipahami dengan baik sehingga tidak terjadi kesalahan dalam implementasi PGP itu sendiri.

Seperti yang telah disinggung di awal makalah, PGP menggunakan “private-public keys” sebagai dasar otorisasinya. Setiap kali kita membuat kunci, PGP akan menciptakan dua buah kunci yaitu Private key dan Public key yang merupakan sebuah pasangan yang bersesuaian. Private key adalah kunci yang hanya diketahui oleh kita sendiri. Public key adalah kunci yang kita beritahukan kepada orang-orang yang kita percaya. Public key digunakan sebagai dasar proses pengenkripsian dokumen-dokumen yang hanya bisa dibuka oleh orang yang memiliki private key yang bersesuaian.

Sebagai contoh : Adi memiliki 2 buah kunci yaitu kunci A (terdiri dari  private key A dan public key A) dan kunci B (terdiri dari private key B dan public key B). Kemudian, Hanna akan mengirimkan sebuah e-mail rahasia kepada Adi. Hanna telah memperoleh public key B dari Adi sendiri. Setelah itu, Hanna menjalankan program PGP untuk mengenkripsi e-mail yang akan dikirimkannya ke Adi dengan menggunakan public key B. Ketika  Adi menerima e-mail dari Hanna, ia mempergunakan program PGP untuk dekripsinya. PGP akan menanyakan private key yang bersesuaian yaitu private key B. Jadi, Adi hanya bisa mendekripsi isi e-mail tersebut dengan menggunakan private key B saja.

Kita bisa mengumpulkan beberapa public key dari orang-orang yang membagikan public key-nya. Dengan mengumpulkan beberapa public key, kita bisa mengirimkan sebuah e-mail yang dienkripsi ke beberapa orang secara langsung. Untuk memperkaya koleksi public key yang kita miliki, kita bisa melakukan tukar-menukar public key dengan orang lain.  Ada cara lain untuk mendapatkan public key yaitu melalui public key server. Kita bisa mengambil public key dari orang-orang yang kita inginkan melalui public key server ini. Hanya saja, server tersebut tidak menjamin validasi dari key tersebut. Salah satu resources yang cukup baik untuk public key server adalah http://www.ifi.uio.no/pgp/keyservers.html. Homepage tersebut menjadi pointer menuju public key server di berbagai negara.

Pada paragraf di atas, terdapat kata-kata “tidak menjamin validasi dari key tersebut”. Apa artinya? Sebenarnya, kita bisa membuat public key sebanyak yang kita kehendaki dengan nama yang berbeda. Bisa saja kita membuat public key dengan username Bill Clinton dan alamat e-mail . Dengan demikian, mail-mail rahasia yang ditujukan ke Presiden Bill Clinton bisa kita baca. Tetapi, apakah semudah itu? Tentu saja tidak. Pembuatan dan penambahan public key sebaiknya dan sangat dianjurkan diikuti dengan certification dan signature.

PGP memerlukan beberapa file tambahan yang berperan penting pada proses autentifikasi. File tersebut ada 4 buah, yang bernama (default) : secring.pgp, pubring.pgp, secring.pgp (cadangan), dan randseed.bin. File pubring.pgp adalah file yang berisi koleksi public key milik kita. File secring.pgp adalah file yang berisi private key milik kita. File secring.pgp (cadangan) adalah file cadangan yang berisi private key milik kita. File secring.pgp yang asli akan dibandingkan dengan cadangannya saat melakukan perintah “pgp -kc”. Selain itu, file cadangan tersebut bertujuan supaya bila terjadi sesuatu dengan file secring.pgp yang asli sehingga tidak bisa dibaca, kita masih memiliki cadangan. Ketiga file ini seharusnya tidak diperlihatkan ataupun diberikan kepada orang lain. Seluruh kunci untuk membuka akses PGP terdapat di sana. Bila file-file ini jatuh ke tangan orang lain, kemungkinan tertembusnya enkripsi PGP menjadi jauh lebih besar.

Ilustrasi Pemakaian PGP

Public-key sangat lambat bila dibandingkan dengan konvensional, jadi PGP akan mengkombinasikan dua algoritma, yaitu RSA and IDEA, untuk melakukan enkripsi plaintext kita.
Sebagai contoh, Badrun (pemilik PGP) ingin mengenkripsi  suatu file yang diberi nama plain.txt sedemikian sehingga hanya si Matangin yang dapat mendekripsi-nya.  Maka Badrun mengirimkan  PGP  perintah (command line) untuk melakukan enkripsi  :

pgp -e plain.txt Matangin

Pada command line ini, pgp adalah file executable, -e  berarti  memberitahukan PGP untuk meng-encrypt file, plain.txt adalah nama plaintext, dan dul merepresentasikan public key suatu tujuan (Matangin) yang diinginkan Badrun untuk mengenkripsi message-nya. PGP menggunakan suatu random number generator, dalam file randseed.bin untuk menghasilkan suatu  kunci (session key) temporary IDEA. Session key itu sendiri di-enkripsi dengan kunci RSA public  yang direpresentasikan oleh Matangin  yang disematkan pada plaintext.

Kemudian, PGP menggunakan session key  untuk mengenkripsi message, ASCII-armors dan menyimpan seluruhnya sebagai cipher.asc. Bila Matangin ingin membaca pesannya, ia mengetikkan command:

pgp cipher.asc

PGP  menggunakan  secret key milik Matangin, yang merupakan kunci RSA,        untuk men-dekripsi sessi kunci yang mana, yang jika dipanggil oleh Badrun akan dienkripsi oleh  public key. kemudian, conventional crypto digunakan dalam bentuk  session key untuk mendekripsi sisa dari message. Alasan prinsip ini adalah sebagai pengganti/kompensasi dari RSA karena "RSA is too slow, it's not stronger, and it may even be weaker." (-PGP Documentation, pgpdoc2.txt).

Enkripsi untuk File-File Biner

Untuk mereka yang terbiasa bekerja dengan file-file biner, pada usenet mengetahui istilah uuencode.  Uuenconde adalah suatu program, yang terutama untuk UNIX,  namun sekarang berkembang sehingga dapat mengubah file-file biner seperti .GIF or .AU menjadi ASCII text yang sesuai dengan format pengiriman usenet. Feature ini juga dimiliki oleh  PGP. File config.txt (mungkin disebut pgp.ini atau .pgprc ; tergantung protokol local) memiliki suatu option untuk berapa banyak baris file ASCII yang dapat dimuat. Jika jumlah ini tercapai,  PGP akan memecah-mecah file armored .asc menjadi .as1, .as2, .as3, ... dan semuanya harus digabungkan satu sama lain secara bersama-sama dan menjalankan PGP dalam suatu file yang besar. Untuk mengenkripsi suatu file biner, gunakan command berikut:

pgp -a picture.gif

atau option TextMode  diset ke ON:

pgp -a picture.gif +textmode=off

Dalam bidang kriptografi, selain PGP, terdapat metode penyandian enkripsi dan dekripsi yang lain seperti: DES, AES, RSA, dan lain lainnya.

Sumber:

READ MORE..

Jetlag


Jetlag, juga disebut desynchronosis adalah sebuah kondisi psikologis akibat adanya perbedaan waktu dari tempat keberangkatan ke daerah tujuan, sehingga tubuh kita dipaksa untuk menyesuaikan diri. Sebagian orang menyebut jetlag dengan circadian rhythms. Sedang ritme circadian itu sendiri adalah irama biologis yang mengatur respon tubuh kita terhadap perubahan lingkungan.

Tidak peduli seberapa kuat anda, berapa usia anda, muda-tua, laki-laki, perempuan, seberapa sering anda bepergian jauh, jet lag bisa menyerang siapa saja. Jet lag akan menyerang mereka yang berpergian berbeda lebih dari 3 zona waktu. Durasi dan intensitas akan semakin meningkat seiring perbedaan zona waktu. Karenanya jet lag juga dinamakan sindroma perbedaan zona waktu. Seperti disebutkan di atas, tubuh kita memiliki irama biologis yang mengatur kapan kita bangun, kapan kita tidur, kapan terang dan kapan gelap. Saat kita dihadapkan pada lingkungan baru dimana terdapat perbedaan waktu yang jauh, tubuh kita kebingungan untuk menyesuaikan diri, saat itulah kita terserang jet lag.

Sebuah bagian kecil dari otak yang disebut hipotalamus bertindak seperti jam alarm untuk mengaktifkan berbagai fungsi tubuh, seperti lapar, haus, tidur, mengatur suhu tubuh, tekanan darah, serta tingkat hormon dan glukosa dalam aliran darah. Hipotalamus bekerja membantu tubuh memberi tahu waktu, dengan melepaskan melatonin, yang mempromosikan tidur. Melatonin melawan tingkat kortisol tinggi dan membantu mendorong tidur dalam jumlah biasa.

Melatonin dilepas jika saraf optik mata mengirim cahaya alias saat mata memandang gelap. Sebaliknya, ketika mata melihat sinar matahari, mereka memberi tahu hipotalamus agar menahan produksi melatonin. Jadi, ketika mata memandang fajar atau senja selama berjam-jam lebih awal atau lebih lambat dari biasanya, hipotalamus dapat memicu aktivitas pada bagian tubuh yang tidak siap, dan jet lag terjadi.

Tidak hanya manusia, hewan sekalipun dapat mengalami jet lag karena perubahan ritme biologis. Biasanya dibutuhkan waktu lebih dari 24 jam untuk beradaptasi terhadap lingkungan baru.

Jet lag bukan penyakit yang mengancam jiwa, namun merupakan gangguan tidur yang menyerang jutaan orang tiap tahunnya. Gejala-gejala jet lag adalah sebagai berikut:
o       Gangguan pola tidur – insomnia, bangun terlalu awal atau tidur terlalu lama
o       Sakit kepala
o       Kesulitan untuk berkonsentrasi
o       Nyeri pada otot dan persendian
o       Masalah pada pencernaan, diare sampai konstipasi


Tak jarang, hal ini menjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas. Para ahli mengatakan, risiko jetlag lebih kecil pada perjalanan dari timur ke barat dibandingkan dari barat ke timur.


Berikut beberapa cara untuk mengatasi jetlag :
  • Pastikan bahwa anda sudah tidur yang cukup malam sebelum keberangkatan.
  • Pastikan bahwa anda meminum air mineral yang cukup banyak untuk menghindari terjadinya dehidrasi.
  • Cobalah untuk menggerakkan tubuh dengan berjalan-jalan di sekitar kabin pesawat untuk menghindari terjadinya kaki bengkak, yang terjadi karena kurang lancarnya peredaran darah ke kaki akibat duduk yang terlalu lama.
  • Sesampainya ditempat tujuan, sebaiknya segera sesuaikan jam biologis anda, seperti jam makan dan tidur dengan waktu setempat. Hal ini akan membantu tubuh beradaptasi dengan perubahan waktu.
  • Biarkan tubuh anda diterpa sinar matahari setelah sampai ditempat tujuan atau membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar. Sinar matahari tersebut akan memberi rangsangan pada sel-sel tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Dengan begini jam biologis tubuh akan lebih cepat beradaptasi waktu setempat.
  • Bila kedatangan anda di tempat tujuan sudah dipenuhi dengan berbagai jadwal, sebaiknya pilihlah jam keberangkatan yang jam kedatangannya cukup jauh dengan jadwal yang pertama. Jeda waktu ini merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh beradaptasi dengan lingkungan dan waktu setempat.
  • Usahakan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolah raga untuk memberikan system kekebalan yang lebih pada tubuh, dengan begitu anda pun tidak terlalu mudah terserang rasa pusing dsb.
  • Perjalanan yang kadang makan waktu sehari lebih, bisa dimanfaatkan dengan melatih jam biologis untuk menyesuaikan diri di tempat tujuan. Misalnya, tidur dijam yang sesuai dengan waktu di tempat tujuan.
  • Bila anda akan berpergian kearah timur, usahakan tidur lebih awal 1-2 jam selama beberapa hari sebelum keberangkatan. Dan sebaliknya bila anda berpergian kearah barat, usahakan tidur 1-2 jam lebih lamban selama beberapa hari sebelum keberangkatan
  • Hindari alkohol atau minuman bercaffeine karena akan memperparah dehidrasi, namun yang terakhir ini masih menjadi perdebatan sengit di antara para ahli.
  • Usahakan tidur bila anda terbang pada malam hari, dan usahakan untuk tidak tidur bila anda berpergian siang hari.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan suplemen melatonin sintetis (hormone mengatur irama tidur) 30 menit sebelum berpergian. Namun, dalam dosis tinggi, suplemen ini ditengarai punya efek samping membahayakan, seperti kantuk, kelesuan, kebingungan, tidur sambil berjalan, mimpi buruk, hingga penurunan ketajaman mental. Jadi, hasil studi Massachusetts Institute of Technology menyarankan agar dosisnya cukup 0,3 miligram pada hari pertama di tempat tujuan.
Jika Anda mengalami jet lag, kini sudah ada obatnya. Obat itu ditemukan para peneliti dari Institut Max Planc for Biophysical Chemistry, Jerman. Menurut mereka, jet lag terjadi karena timer alami dalam tubuh yang tak sesuai dengan lingkungan. Dr Gregor Eichele, pemimpin penelitian, menyatakan penanggulangan jet lag dilakukan dengan menyesuaikan tingkat hormon penyebabnya.

Dalam penelitian mereka, uji coba pada tikus di laboratorium menemukan bahwa hormon kortisol berperan penting menjaga ritme alami tubuh yang disebut ritme sirkadian. Hormon ini berada di puncaknya pada pukul 8 pagi dan secara bertahap diturunkan menjadi tingkat terendah pada pukul 00.00-04.00. Jadi obat ini bekerja dengan menggeser puncak kortisol ke awal atau akhir waktu.

Obat yang akan dikembangkan berbentuk pil tersebut bisa mengembalikan keseimbangan alami tubuh dan pikiran dengan menyesuaikan tingkat tertinggi dan terendah hormon kortisol. Mary Harrington dari Smith College, Northampton, menyatakan obat ini punya implikasi tak hanya bagi yang mengalami jet lag, tapi juga bagi mereka yang melakukan rotasi shift kerja, yang berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk kanker payudara, stroke, dan penyakit kardiovaskuler.

Sumber:

READ MORE..

25 Game Inovator

Usia industri game sudah lebih dari 35 tahun. Selama perjalanan panjang ini pastinya ada banyak game yang menjadi pelopor dalam berbagai perubahan. Ya game PC ataupun game konsol. Sedikitnya ada 25 game yang mampu mempengaruhi perkembangan game-game selanjutnya.

SPACE
Nutting Associates - Shooter - 1971 - Arcade

Game Komersial Pertama
Ini dia video game yang dirilis secara komersial untuk pertama kalinya. Jadi, bukan Pong atau Pac-Man! Computer Space didesain oleh Nolan Bushnell, pendiri Atari. Game ini berdasarkan program Spacewar, game komputer yang dikembangkan Steve Russel, mahasiswa MIT (Massachusetts Institute of Technology), dan cuma beredar dalam kampus.
Dalam Computer Space, pemain bertarung melawan sepasang piring terbang lewat pesawat roket yang dapat mendorong, berputar, dan menembakkan misil. Pada masa itu, game ini termasuk yang sulit. Makanya cuma diproduksi 1500 unit.


DUNGEONS & DRAGON
Tactical Studies Rules - Action - 1974 - Tabletop

Cikal Bakal RPG
Walaupun bukan sepenuhnya video game, Dungeons & Dragons berpengaruh besar dalam industri ini. Game hasil kreator Gary Gygax dan David Arneson dianggap sebagai game Role-Playing pertama. Peluncuran game ini ternyata disambut baik. Pada tahun-tahun mendatang, unsur mitologi dalam Dungeons & Dragons menjadi inspirasi dalam game-game Baldur's Gate dan Forgotten Realms: Demon Stone.
Dibandingkan dengan game perang lain pada masa itu, perkembangan karakter dan interaksi antar karakter dalam Dungeons & Dragons mengarah ke RPG modern.

FSI FLIGHT SIMULATOR
Sub Logic - Simulasi - 1979 - Apple II

Pelopor Simulasi Pesawat
Pada akhir tahun 1979 Bruce Artwick meluncurkan Flight Simulator (FS). Game ini dianggap sebagai game simulasi pesawat terbang yang pertama. FS1 menampilkan fungsi-fungsi dasar, mulai dari ketinggian pesawat, kecepatan angin, dan indikator bahan bakar. Jadi, nggak sekedar konsep abstrak. Bruce berusaha menyamai aslinya.
Bruce Artwick tidak hanya sebagai Bapak Simulator Pesawat Modern, tapi juga pelopor game sejenis SimCity dan Full Spectrum Warrior yang menggunakan realitas sebagai basis gameplay. Belum lagi fisik pada mobil-mobil di Gran Turismo yang mengambil tips dari FS1.

PAC-MAN
Midway, Co. - Namco, Ltd. - Maze - 1980 - Arcade

Karakter Populer
Tidak usah diragukan lagi, Pac-Man adalah video game terpopuler sepanjang masa. Game ini dimainkan di lebih dari 100.000 mesin arkade pada tahun pertama rilisnya dan menghasilkan pendapatan sebesar satu miliar dolar A.S. Ide pembuatan game ini sebetulnya simpel. Gara-gara melihat sepotong pizza yang "hilang" dalam loyangnya, programmer Toru Iwatani terpikir untuk mengembangkan game Pac-Man.
Pac-Man jadi populer sekali, karena game ini adalah game pertama yang menggunakan tokoh sentral. Setelah itu, karakter Pac-Man muncul di mana-mana. Ada di acara televisi, mainan, bungkus makanan, t-shirt, sampai lagu Pac-Man Fever ciptaan Jerry Buckner dan Gary Garcia pun jadi hit.

ZORK
Personal Software, Inc. - Infocom, Inc. - Adventure - 1980 - TRS-80

Sumber Inspirasi Game Adventure
Game-game adventure saat ini menampilkan lingkungan yang realistis, puzzle yang rumit, cerita yang menarik. Semua ini terinspirasi dari Zork. Meskipun Zork bukan game adventure pertama, tapi inilah yang populer pertama kali.
Proyek game ini dikerjakan oleh mahasiswa yang kelak merupakan pendiri perusahaan Infocom, Inc. Setelah itu mereka menggarap game-game lain yang membutuhkan interaksi player dengan lingkungannya, penggunaan item yang kreatif, pengembangan karakter, dan pemecahan masalah. Zork juga menjadi inspirasi bagi game-game survival horror, role-playing, dan stealth yang beredar di kemudian hari.

ADVENTURE
Atari, Inc. - Action - 1980 - Atari 2600

Gameplay Yang Kompleks
Dalam game ini player mengeksplor labirin, puri, dan sarang naga untuk mendapatkan Enchanted Chalice, si pemberi kedamaian di seluruh kerajaan. Adventure, merupakan game Atari 2600 dengan gameplay yang kompleks, walau grafis dan suaranya belum sempurna.
Sang kreator, Warren Robinett, memasukkan Telur Paskah (Easter Egg) sebagai objek tersembunyi, serta membuat ruang rahasia yang memuat namanya di cahaya yang bersinar terang. Hal-hal inilah yang mendorong munculnya kode, rahasia tersembunyi, dan objek yang bisa dibuka dalam budaya game sekarang ini. Perhatikan, kode nyawa ekstra di Contra dan karakter-karakter yang bisa dibuka di Dead or Alive, idenya datang dari game Adventure ini.

SUPER MARIO BROS
Nintendo of America, Inc. - Nintendo Co, Ltd. - Adventure - 1985 - NES

Sesepuh Game Platform
Super Mario Bross, game paling penting sepanjang sejarah video game. Yang pertama dirilis adalah versi arkadenya. Hampir tiap gamer pasti ingat waktu pertama kali seri ini muncul. Dalam industri video game, Super Mario Bros dianggap "sesepuh" di genre platform. Pionirnya Pitfall!, Moon Patrol, atau game adventure 3D lain yang kamu nikmati sekarang. Super Mario Bross memiliki gameplay yang bagus, serta kontrol yang kompleks walaupun gamer cuma melompat dan lari sampai akhir level.
Di sini dikisahkan misi Mario dan Luigi untuk menyelamatkan Princess Toadstool. Putri dari Mushroom Kingdom ini diculik oleh Bowser, raja yang jahat dari Koopas.

TETRIS
Spectrum HoloByte, Inc. - Microsoft - Action Puzzle - 1985 - PC

Game Puzzle Pertama
Pertengahan dekade 80-an, banyak orang tergila-gila sama Tetris. Aneh rasanya kalo ada yang ikut ketagihan main game ini. Lagi trend, deh! Rilisnya Tetris menandai lahirnya game puzzle. Saking ngetopnya, game Mortal Kombat yang diterbitkan pada masa itu pun menampilkan minigame yang mirip Tetris. Seperti halnya Ms. Pac-Man, Tetris juga banyak disukai gamer cewek.
Tetris diciptakan oleh desainer Rusia, Alexey Pajitnov. Lewat gamenya, dia menjelaskan perkembangan gaya bangunan Rusia dan musik Rusia. Saat main Tetris, pemain harus menyusun potongan-potongan balok berbagai bentuk di baris yang tersedia.

GAUNTLET
Atari Games - Arcade/Action - 1985 - Arcade

Multiplayer
Game yang dirilis dua puluh tahun lalu ini bisa dibilang istimewa. Gauntlet adalah video game pertama yang bisa dimainkan oleh empat orang sekaligus. Penemuan yang luar biasa. Dalam game ini tiap player mengontrol karakter yang berbeda, ada prajurit, orang kerdil, penyihir, dan valkyrie. Masing-masing dengan kekuatan, kecepatan, senjata, dan magic tersendiri.
Gauntlet adalah game multiplayer action dengan banyak maze, karakter yang mengesankan, gameplay yang seimbang, efek suara yang fun, dan juga grafis yang canggih pada zamannya. Gauntlet menjadi game alternatif yang ngetop di era pertengahan 80-an.

OUTRUN
Sega of America Inc - AM2 - Arcade/Racing - 1986 - Arcade

Balapan Bebas
Gamer sudah mulai main game racing dari sejak adanya video game. Tapi, kehadiran OutRun membawa angin segar bagi game-game racing berikutnya. Game garapan Yu Suzuki ini membawa perasaan bebas bagi orang yang memainkannya. Kamu bisa memilih petualangan dalam melakukan balapan. Mirip simulasi balap.
Dalam OutRun pemain bisa mengendarai Ferrari Testarossa dan dilengkapi shotgun. Skala real-time dan pemandangannya yang keren, membuat grafis game ini bagus. Karena kepopulerannya, Sega merilis soundtrack OutRun dalam bentuk CD. Musiknya berirama rock.

THE LEGEND OF ZELDA
Nintendo of America, Inc. - Nintendo Co, Ltd. - RPG - 1987 - NES

Fitur Back-up Save
Selain Super Mario Bros, masih ada satu game lagi yang disukai sepanjang masa, The Legend of Zelda. Game ini kombinasi antara game Atari: Adventure dan Gauntlet, ditambah dengan beberapa elemen inovatif baru. Begitu masuk dalam dunia Hyrule, serasa terjebak di tengah hutan belantara. Nggak ada satu petunjuk pun yang diberikan padamu. Terserah pemain mau pergi ke mana atau mau melakukan apa. Game ini menarik berkat puzzle yang rumit, pertarungan seru dengan boss, dan sistem inventory yang bagus. Yang lebih penting dari semua itu, The Legend of Zelda adalah game NES pertama yang memiliki fitur back-up save.

PRINCE OF PERSIA
Broderbund Software - Action - 1989 - PC

Realistis
Animasi Prince of Persia menciptakan karakter manusia pertama yang gerakannya mirip orang beneran. Karakter ini bisa menghindar dari pinggiran (ledge) dan melompati lubang, sesuai dengan berat badan, bentuk fisik, dan anatomi tubuh manusia yang sebenarnya.
Gabungan antara motion capture dan animasi menghasilkan gerakan-gerakan karakter yang realistis. Aspek inilah yang menjadikan Prince of Persia terkenal. Main game ini serasa nonton film petualangan zaman baheula, tapi pemain juga ikut terlibat di dalamnya.

TECMO BOWL
Tecmo, Inc. - Tecmo, Ltd. - Sport - 1989 - NES

Game Football Terbaik
Pilih tim NFL favoritmu, lalu bertandinglah di kejuaraan Tecmo Bowl! Tecmo Bowl adalah cikal bakal game simulasi football (sepak bola Amrik). Sampai saat ini Tecmo Ball masih merupakan game football yang paling baik. Salah satu kehebatannya adalah kelebihan dan kekurangan yang ada di tim yang sebenarnya (1988).
Tecmo Bowl pernah dirilis juga tahun 1987, untuk Arcade. Namun, versi NES-nya ini menjadikannya game yang menyadarkan arti penting faktor real-player dan multiplayer dalam game footbal selanjutnya. Walaupun EA Sports juga memproduksi game sejenis yang lain, (Madden), tetapi Tecmo Bowl tetap bertahan.

SIMCITY
Maxis - Simulasi 1989 - PC

Konsep Kerja Nyata
Pingin membangun kota? Impianmu terwujud setelah SimCity dirilis 16 tahun lalu. Lewat game simulasi ini kamu merancang pembangunan kota mulai dari nol: mencari dan memilih lahan, membangun jalan, mendirikan perumahan, mengadakan sambungan listrik, sampai membangun lapangan udara. Konsep game ini berdasarkan sistem pengerjaan seperti dalam kehidupan nyata.
SimCity didesain dengan apik sehingga menghasilkan suatu karya seni yang luar biasa. Semua ini berkat Will Wright, sang kreator. Pada tahun yang sama (1989), muncul pesaingnya, Populous. Namun, ketenaran SimCity tidak tergoyahkan.

SID MEIER'S CIVILIZATION
MicroProse Software, Inc. - Strategy - 1991 - PC

Membangun Peradaban
Sid Meier's Civilization merupakan simulator sejarah manusia. Kisahnya diawali dengan kehidupan manusia pada Zaman Batu. Player membimbing mereka hingga ke zaman modern. Tidak mudah karena player harus memilih teknologi mana untuk melakukan penelitian. Misalnya bagaimana mengembangkan peradaban atau bagaimana membentuk pemerintahan.
Sid Meier mendesain game ini karena terinspirasi oleh game terdahulunya yang sukses berat, Railroad Tycoon. Lalu dia mengambil konsep Populous, tapi Sid Meier's Civilization dikombinasikan dengan strategi, aspek membangun kerajaan, sumber daya manajemen.

STREET FIGHTER II: THE WORLD WARRIOR
Capcom U.S.A., Inc. - Capcom Co, Ltd. - Arcade/Fighting - 1991 - Arcade

Tampilkan One-on-one Combat
Serial Mortal Kombat, Dead or Alive, bahkan extreme sports seperti Tony Hawk's Proskater 'berhutang' pada Street Fighter II: The World Warrior (SF II). Ketiga contoh game di atas berfokus pada tombol yang rumit untuk menampilkan combo. Mekanisme game seperti ini berakar dari SF II.
SF II merupakan game fighting 2D yang populer. Game ini menawarkan konsep one-on-one combat yang diikuti oleh game-game fighting selanjutnya (Darkstalkers, Marvel Super Heroes, X-Men: Children of the Atom). Gerakan spesial dan rahasia dari karakter dalam SF I pasti tidak sebanyak di sekuel-nya. Begitu pula sistem kontrolnya yang kini lebih akurat.

DOOM
Id Software, Inc. - Shooter - 1993 - PC

Lahirkan Komunitas Game
Doom mengambil ide dari Castle Wolfenstein, namun ditambah dengan terobosan baru berupa sudut pandang orang pertama. Player langsung terjun di tengah-tengah combat dan harus berusaha keluar hidup-hidup dari pertarungan itu. Banyak prestasi yang diraih Doom. Di antaranya sebagai pelopor game First Person Shooter dan melahirkan game-game sejenis lainnya, seperti Quake, Descent, dan Heretic.
Banyak orang ngefans berat dengan Doom. Tidak heran kalau akhirnya terbentuklah komunitas gamernya. Jadi, game inilah yang memperkenalkan modifikasi global dan membuatnya tersebar secara besar-besaran.

ROAD RASH
EA - Racing - 1994 - 3DO

Game Dengan Musik
Hampir setiap game sekarang ini disertai musik yang nggak digarap sembarangan. Pengembang game kerja bareng penyanyi ngetop dan studio rekaman untuk meng-hasilkan musik yang prima. Usaha ini dilakukan pertama kalinya ketika game racing Road Rash dibuat. Penyanyi rock zaman tahun 90-an, di antaranya Soundgarden, Monster Magnet, dan Swervedriver, mengisi album soundtrack-nya Road Rash.
Dalam hal musik, serial Def Jam Vendetta dan Grand Theft Auto mengikuti jejak Road Rash. Perhatiin, deh aliran musiknya.

ALONE IN THE DARK
I-Motion, Inc. - Adventure - 1993 - PC

Gabungan Action dan Puzzle
Para desainer game action adventure 3D bersudut pandang orang ketiga ini terinspirasi oleh H.P. Lovecraft, penulis cerita horor klasik dan fiksi sains. Gamer dijamin setengah mati ketakutan ketika main Alone in the Dark.
Game horor ngetop lainnya, Resident Evil, malah mengambil ide-ide dari Alone in the Dark. Misalnya dalam hal kisah supranaturalnya ataupun dua karakter yang bisa dimainkan, cewek dan cowok. Kontribusi terbesar game ini pada genre horor adalah memelopori kombinasi antara action dan puzzle dalam gameplay. Hampir setiap aspek gameplay Alone in the Dark dipakai juga di Resident Evil.

COMMAND & CONQUER
Virgin Interactive Entertainment - Westwood Studios - Strategy - 1995 - PC

Taktik dan Strategi
Gamer PC mana yang tidak kenal sama reputasi hebatnya game perang real-time strategy (RTS) Command & Conquer(C&C) ? Sebelum C&C dirilis, ada dua game RTS yang mendahuluinya: Dune: The Battle for Arrakis (1993, Westwood) dan WarCraft: Orcs & Humans (1994, Blizzard Entertainment). Tapi sayang, kedua game ini kalah pamor dengan si anak bawang, C&C.
C&C menampilkan faktor kekuatan dan kelemahan pada pasukanmu dan lawan. Kedua faktor ini berpengaruh besar pada pengaturan taktik dan strategi. Inilah yang disukai dari C&C dan membuat game terasa lebih menantang.

SUPER MARIO 64
Nintendo of America, Inc. - Nintendo Co, Ltd. - Action 1996 - Nintendo 64

Welcome to 3D World!
Serial kebanggaan Nintendo, Mario Bros, beralih dari side-scrolling action ke dunia full 3D. Segala sesuatu tentang petualangan 3D Mario yang pertama ini seperti gerakan, desain level, objek, dan kontrol kamera menjadi contoh bagi platformer 3D berikutnya.
Super Mario 64 ini juga merupakan game pertama yang menyediakan stik analog sekarang jadi standar industri untuk kontroler. Game-game action saat ini mencoba berbeda dari yang lainnya, tapi tetep saja mereka berhutang dengan apa yang sudah dipelopori Super Mario 64 tentang bagaimana perasaan dan melihat dari sebuah dunia 3D virtual.

METAL GEAR SOLID
Konami of America, Inc. - Konami Entertainment Japan Co, Ltd. - Action - 1998 - PSone

Spesialis Mata-mata
Game yang bagus tidak cuma asyik dimainkan, tapi juga enak dilihat. Dua faktor itu ada dalam Metal Gear Solid. Karena game ini adalah yang pertama yang menampilkan motion picture-quality cinematics dan voice-acting. Jadi, sama dengan game-game Final Fantasy.
Kelebihan lain MGS, merupakan game action pertama yang berfokus pada pengembangan karakter dan alur cerita. Masih ada nilai plus game yang diciptakan oleh kreator Hideo Kojima ini, yaitu melahirkan subgenre stealth. Solid Snake, si karakter utama, harus bergelantungan di dinding, merangkak di sepanjang lubang ventilasi, atau mengendap-endap di belakang musuh untuk menyergap musuh.

FINAL FANTASY VII
Sony Computer Entertainment America, Inc. - Square Co, Ltd. - RPG - 1997 - PSone

Menuju Era Baru
Kalangan industri video game menyebut Final Fantasy VII sebagai game RPG paling keren sepanjang masa. FF VII mengantarkan genre RPG ke era baru, yaitu mengubah cara pandang orang tentang penceritaan (storytelling) dan jangkauan dalam game. Penggunaan sinematik untuk menceritakan kisah merupakan sumbangan terbesar dari game ini.
Full motion computer graphic cutscenes bukan cuma sebagai media untuk storytelling, tapi juga sistem utama untuk memajukan cerita. Beberapa cutscene dalam Ninja Gaiden, Warcraft III, dan Metal Gear Solid tanpak menyatu dengan cerita dan gameplay, mengikuti pola FF VII.

ULTIMA ONLINE
Origin System - RPG - 1997 - PC

Lahirkan MMORPG
Ultima Online memelopori fenomena Massively Multiplayer Online yang sekarang lagi menjamur. Kisah fantasi virtual dengan konsep antara lain menciptakan karakter, membangun masyarakat dan sektor ekonomi.
Setelah Ultima Online dirilis, genre-genre lain mulai meminjam elemen-elemen yang digunakan dalam game PC garapan kreator Richard Garriot (Lord British) ini. Misalnya, PlanetSide (FPS) dan Mechassault 2: Lone Wolf's Live.

GRAN THEFT AUTO III
Rockstar Games - DMA Design Ltd, - 2001 - PS2

Tetap Populer
Setiap era konsol biasanya diikuti oleh rilisnya game yang membawa perubahan. Kalau Super Mario Bros menjadi "sesepuh" game platform pada masa kejayaan NES, Grand Theft Auto III menimbulkan kehebohan di pasaran game PS2. Sudah hampir empat tahun lalu game ini dirilis, tapi popularitasnya masih terasa sampai sekarang.
Sebetulnya tidak ada format baru dalam gameplay GTA III yang bikin game ini populer, tapi gabungan genre di sini mampu membuat player merasakan seolah-olah berada dalam dunia virtualnya. Kelebihan game ini yang ditiru oleh SSX 3 dan Jak II adalah aspek desain level "open world"-nya.

Sumber: Majalah Hotgame Edisi 136, Kamis, 3 Februari 2005
READ MORE..