Kamis, 19 Mei 2011

25 Game Inovator

Usia industri game sudah lebih dari 35 tahun. Selama perjalanan panjang ini pastinya ada banyak game yang menjadi pelopor dalam berbagai perubahan. Ya game PC ataupun game konsol. Sedikitnya ada 25 game yang mampu mempengaruhi perkembangan game-game selanjutnya.

SPACE
Nutting Associates - Shooter - 1971 - Arcade

Game Komersial Pertama
Ini dia video game yang dirilis secara komersial untuk pertama kalinya. Jadi, bukan Pong atau Pac-Man! Computer Space didesain oleh Nolan Bushnell, pendiri Atari. Game ini berdasarkan program Spacewar, game komputer yang dikembangkan Steve Russel, mahasiswa MIT (Massachusetts Institute of Technology), dan cuma beredar dalam kampus.
Dalam Computer Space, pemain bertarung melawan sepasang piring terbang lewat pesawat roket yang dapat mendorong, berputar, dan menembakkan misil. Pada masa itu, game ini termasuk yang sulit. Makanya cuma diproduksi 1500 unit.


DUNGEONS & DRAGON
Tactical Studies Rules - Action - 1974 - Tabletop

Cikal Bakal RPG
Walaupun bukan sepenuhnya video game, Dungeons & Dragons berpengaruh besar dalam industri ini. Game hasil kreator Gary Gygax dan David Arneson dianggap sebagai game Role-Playing pertama. Peluncuran game ini ternyata disambut baik. Pada tahun-tahun mendatang, unsur mitologi dalam Dungeons & Dragons menjadi inspirasi dalam game-game Baldur's Gate dan Forgotten Realms: Demon Stone.
Dibandingkan dengan game perang lain pada masa itu, perkembangan karakter dan interaksi antar karakter dalam Dungeons & Dragons mengarah ke RPG modern.

FSI FLIGHT SIMULATOR
Sub Logic - Simulasi - 1979 - Apple II

Pelopor Simulasi Pesawat
Pada akhir tahun 1979 Bruce Artwick meluncurkan Flight Simulator (FS). Game ini dianggap sebagai game simulasi pesawat terbang yang pertama. FS1 menampilkan fungsi-fungsi dasar, mulai dari ketinggian pesawat, kecepatan angin, dan indikator bahan bakar. Jadi, nggak sekedar konsep abstrak. Bruce berusaha menyamai aslinya.
Bruce Artwick tidak hanya sebagai Bapak Simulator Pesawat Modern, tapi juga pelopor game sejenis SimCity dan Full Spectrum Warrior yang menggunakan realitas sebagai basis gameplay. Belum lagi fisik pada mobil-mobil di Gran Turismo yang mengambil tips dari FS1.

PAC-MAN
Midway, Co. - Namco, Ltd. - Maze - 1980 - Arcade

Karakter Populer
Tidak usah diragukan lagi, Pac-Man adalah video game terpopuler sepanjang masa. Game ini dimainkan di lebih dari 100.000 mesin arkade pada tahun pertama rilisnya dan menghasilkan pendapatan sebesar satu miliar dolar A.S. Ide pembuatan game ini sebetulnya simpel. Gara-gara melihat sepotong pizza yang "hilang" dalam loyangnya, programmer Toru Iwatani terpikir untuk mengembangkan game Pac-Man.
Pac-Man jadi populer sekali, karena game ini adalah game pertama yang menggunakan tokoh sentral. Setelah itu, karakter Pac-Man muncul di mana-mana. Ada di acara televisi, mainan, bungkus makanan, t-shirt, sampai lagu Pac-Man Fever ciptaan Jerry Buckner dan Gary Garcia pun jadi hit.

ZORK
Personal Software, Inc. - Infocom, Inc. - Adventure - 1980 - TRS-80

Sumber Inspirasi Game Adventure
Game-game adventure saat ini menampilkan lingkungan yang realistis, puzzle yang rumit, cerita yang menarik. Semua ini terinspirasi dari Zork. Meskipun Zork bukan game adventure pertama, tapi inilah yang populer pertama kali.
Proyek game ini dikerjakan oleh mahasiswa yang kelak merupakan pendiri perusahaan Infocom, Inc. Setelah itu mereka menggarap game-game lain yang membutuhkan interaksi player dengan lingkungannya, penggunaan item yang kreatif, pengembangan karakter, dan pemecahan masalah. Zork juga menjadi inspirasi bagi game-game survival horror, role-playing, dan stealth yang beredar di kemudian hari.

ADVENTURE
Atari, Inc. - Action - 1980 - Atari 2600

Gameplay Yang Kompleks
Dalam game ini player mengeksplor labirin, puri, dan sarang naga untuk mendapatkan Enchanted Chalice, si pemberi kedamaian di seluruh kerajaan. Adventure, merupakan game Atari 2600 dengan gameplay yang kompleks, walau grafis dan suaranya belum sempurna.
Sang kreator, Warren Robinett, memasukkan Telur Paskah (Easter Egg) sebagai objek tersembunyi, serta membuat ruang rahasia yang memuat namanya di cahaya yang bersinar terang. Hal-hal inilah yang mendorong munculnya kode, rahasia tersembunyi, dan objek yang bisa dibuka dalam budaya game sekarang ini. Perhatikan, kode nyawa ekstra di Contra dan karakter-karakter yang bisa dibuka di Dead or Alive, idenya datang dari game Adventure ini.

SUPER MARIO BROS
Nintendo of America, Inc. - Nintendo Co, Ltd. - Adventure - 1985 - NES

Sesepuh Game Platform
Super Mario Bross, game paling penting sepanjang sejarah video game. Yang pertama dirilis adalah versi arkadenya. Hampir tiap gamer pasti ingat waktu pertama kali seri ini muncul. Dalam industri video game, Super Mario Bros dianggap "sesepuh" di genre platform. Pionirnya Pitfall!, Moon Patrol, atau game adventure 3D lain yang kamu nikmati sekarang. Super Mario Bross memiliki gameplay yang bagus, serta kontrol yang kompleks walaupun gamer cuma melompat dan lari sampai akhir level.
Di sini dikisahkan misi Mario dan Luigi untuk menyelamatkan Princess Toadstool. Putri dari Mushroom Kingdom ini diculik oleh Bowser, raja yang jahat dari Koopas.

TETRIS
Spectrum HoloByte, Inc. - Microsoft - Action Puzzle - 1985 - PC

Game Puzzle Pertama
Pertengahan dekade 80-an, banyak orang tergila-gila sama Tetris. Aneh rasanya kalo ada yang ikut ketagihan main game ini. Lagi trend, deh! Rilisnya Tetris menandai lahirnya game puzzle. Saking ngetopnya, game Mortal Kombat yang diterbitkan pada masa itu pun menampilkan minigame yang mirip Tetris. Seperti halnya Ms. Pac-Man, Tetris juga banyak disukai gamer cewek.
Tetris diciptakan oleh desainer Rusia, Alexey Pajitnov. Lewat gamenya, dia menjelaskan perkembangan gaya bangunan Rusia dan musik Rusia. Saat main Tetris, pemain harus menyusun potongan-potongan balok berbagai bentuk di baris yang tersedia.

GAUNTLET
Atari Games - Arcade/Action - 1985 - Arcade

Multiplayer
Game yang dirilis dua puluh tahun lalu ini bisa dibilang istimewa. Gauntlet adalah video game pertama yang bisa dimainkan oleh empat orang sekaligus. Penemuan yang luar biasa. Dalam game ini tiap player mengontrol karakter yang berbeda, ada prajurit, orang kerdil, penyihir, dan valkyrie. Masing-masing dengan kekuatan, kecepatan, senjata, dan magic tersendiri.
Gauntlet adalah game multiplayer action dengan banyak maze, karakter yang mengesankan, gameplay yang seimbang, efek suara yang fun, dan juga grafis yang canggih pada zamannya. Gauntlet menjadi game alternatif yang ngetop di era pertengahan 80-an.

OUTRUN
Sega of America Inc - AM2 - Arcade/Racing - 1986 - Arcade

Balapan Bebas
Gamer sudah mulai main game racing dari sejak adanya video game. Tapi, kehadiran OutRun membawa angin segar bagi game-game racing berikutnya. Game garapan Yu Suzuki ini membawa perasaan bebas bagi orang yang memainkannya. Kamu bisa memilih petualangan dalam melakukan balapan. Mirip simulasi balap.
Dalam OutRun pemain bisa mengendarai Ferrari Testarossa dan dilengkapi shotgun. Skala real-time dan pemandangannya yang keren, membuat grafis game ini bagus. Karena kepopulerannya, Sega merilis soundtrack OutRun dalam bentuk CD. Musiknya berirama rock.

THE LEGEND OF ZELDA
Nintendo of America, Inc. - Nintendo Co, Ltd. - RPG - 1987 - NES

Fitur Back-up Save
Selain Super Mario Bros, masih ada satu game lagi yang disukai sepanjang masa, The Legend of Zelda. Game ini kombinasi antara game Atari: Adventure dan Gauntlet, ditambah dengan beberapa elemen inovatif baru. Begitu masuk dalam dunia Hyrule, serasa terjebak di tengah hutan belantara. Nggak ada satu petunjuk pun yang diberikan padamu. Terserah pemain mau pergi ke mana atau mau melakukan apa. Game ini menarik berkat puzzle yang rumit, pertarungan seru dengan boss, dan sistem inventory yang bagus. Yang lebih penting dari semua itu, The Legend of Zelda adalah game NES pertama yang memiliki fitur back-up save.

PRINCE OF PERSIA
Broderbund Software - Action - 1989 - PC

Realistis
Animasi Prince of Persia menciptakan karakter manusia pertama yang gerakannya mirip orang beneran. Karakter ini bisa menghindar dari pinggiran (ledge) dan melompati lubang, sesuai dengan berat badan, bentuk fisik, dan anatomi tubuh manusia yang sebenarnya.
Gabungan antara motion capture dan animasi menghasilkan gerakan-gerakan karakter yang realistis. Aspek inilah yang menjadikan Prince of Persia terkenal. Main game ini serasa nonton film petualangan zaman baheula, tapi pemain juga ikut terlibat di dalamnya.

TECMO BOWL
Tecmo, Inc. - Tecmo, Ltd. - Sport - 1989 - NES

Game Football Terbaik
Pilih tim NFL favoritmu, lalu bertandinglah di kejuaraan Tecmo Bowl! Tecmo Bowl adalah cikal bakal game simulasi football (sepak bola Amrik). Sampai saat ini Tecmo Ball masih merupakan game football yang paling baik. Salah satu kehebatannya adalah kelebihan dan kekurangan yang ada di tim yang sebenarnya (1988).
Tecmo Bowl pernah dirilis juga tahun 1987, untuk Arcade. Namun, versi NES-nya ini menjadikannya game yang menyadarkan arti penting faktor real-player dan multiplayer dalam game footbal selanjutnya. Walaupun EA Sports juga memproduksi game sejenis yang lain, (Madden), tetapi Tecmo Bowl tetap bertahan.

SIMCITY
Maxis - Simulasi 1989 - PC

Konsep Kerja Nyata
Pingin membangun kota? Impianmu terwujud setelah SimCity dirilis 16 tahun lalu. Lewat game simulasi ini kamu merancang pembangunan kota mulai dari nol: mencari dan memilih lahan, membangun jalan, mendirikan perumahan, mengadakan sambungan listrik, sampai membangun lapangan udara. Konsep game ini berdasarkan sistem pengerjaan seperti dalam kehidupan nyata.
SimCity didesain dengan apik sehingga menghasilkan suatu karya seni yang luar biasa. Semua ini berkat Will Wright, sang kreator. Pada tahun yang sama (1989), muncul pesaingnya, Populous. Namun, ketenaran SimCity tidak tergoyahkan.

SID MEIER'S CIVILIZATION
MicroProse Software, Inc. - Strategy - 1991 - PC

Membangun Peradaban
Sid Meier's Civilization merupakan simulator sejarah manusia. Kisahnya diawali dengan kehidupan manusia pada Zaman Batu. Player membimbing mereka hingga ke zaman modern. Tidak mudah karena player harus memilih teknologi mana untuk melakukan penelitian. Misalnya bagaimana mengembangkan peradaban atau bagaimana membentuk pemerintahan.
Sid Meier mendesain game ini karena terinspirasi oleh game terdahulunya yang sukses berat, Railroad Tycoon. Lalu dia mengambil konsep Populous, tapi Sid Meier's Civilization dikombinasikan dengan strategi, aspek membangun kerajaan, sumber daya manajemen.

STREET FIGHTER II: THE WORLD WARRIOR
Capcom U.S.A., Inc. - Capcom Co, Ltd. - Arcade/Fighting - 1991 - Arcade

Tampilkan One-on-one Combat
Serial Mortal Kombat, Dead or Alive, bahkan extreme sports seperti Tony Hawk's Proskater 'berhutang' pada Street Fighter II: The World Warrior (SF II). Ketiga contoh game di atas berfokus pada tombol yang rumit untuk menampilkan combo. Mekanisme game seperti ini berakar dari SF II.
SF II merupakan game fighting 2D yang populer. Game ini menawarkan konsep one-on-one combat yang diikuti oleh game-game fighting selanjutnya (Darkstalkers, Marvel Super Heroes, X-Men: Children of the Atom). Gerakan spesial dan rahasia dari karakter dalam SF I pasti tidak sebanyak di sekuel-nya. Begitu pula sistem kontrolnya yang kini lebih akurat.

DOOM
Id Software, Inc. - Shooter - 1993 - PC

Lahirkan Komunitas Game
Doom mengambil ide dari Castle Wolfenstein, namun ditambah dengan terobosan baru berupa sudut pandang orang pertama. Player langsung terjun di tengah-tengah combat dan harus berusaha keluar hidup-hidup dari pertarungan itu. Banyak prestasi yang diraih Doom. Di antaranya sebagai pelopor game First Person Shooter dan melahirkan game-game sejenis lainnya, seperti Quake, Descent, dan Heretic.
Banyak orang ngefans berat dengan Doom. Tidak heran kalau akhirnya terbentuklah komunitas gamernya. Jadi, game inilah yang memperkenalkan modifikasi global dan membuatnya tersebar secara besar-besaran.

ROAD RASH
EA - Racing - 1994 - 3DO

Game Dengan Musik
Hampir setiap game sekarang ini disertai musik yang nggak digarap sembarangan. Pengembang game kerja bareng penyanyi ngetop dan studio rekaman untuk meng-hasilkan musik yang prima. Usaha ini dilakukan pertama kalinya ketika game racing Road Rash dibuat. Penyanyi rock zaman tahun 90-an, di antaranya Soundgarden, Monster Magnet, dan Swervedriver, mengisi album soundtrack-nya Road Rash.
Dalam hal musik, serial Def Jam Vendetta dan Grand Theft Auto mengikuti jejak Road Rash. Perhatiin, deh aliran musiknya.

ALONE IN THE DARK
I-Motion, Inc. - Adventure - 1993 - PC

Gabungan Action dan Puzzle
Para desainer game action adventure 3D bersudut pandang orang ketiga ini terinspirasi oleh H.P. Lovecraft, penulis cerita horor klasik dan fiksi sains. Gamer dijamin setengah mati ketakutan ketika main Alone in the Dark.
Game horor ngetop lainnya, Resident Evil, malah mengambil ide-ide dari Alone in the Dark. Misalnya dalam hal kisah supranaturalnya ataupun dua karakter yang bisa dimainkan, cewek dan cowok. Kontribusi terbesar game ini pada genre horor adalah memelopori kombinasi antara action dan puzzle dalam gameplay. Hampir setiap aspek gameplay Alone in the Dark dipakai juga di Resident Evil.

COMMAND & CONQUER
Virgin Interactive Entertainment - Westwood Studios - Strategy - 1995 - PC

Taktik dan Strategi
Gamer PC mana yang tidak kenal sama reputasi hebatnya game perang real-time strategy (RTS) Command & Conquer(C&C) ? Sebelum C&C dirilis, ada dua game RTS yang mendahuluinya: Dune: The Battle for Arrakis (1993, Westwood) dan WarCraft: Orcs & Humans (1994, Blizzard Entertainment). Tapi sayang, kedua game ini kalah pamor dengan si anak bawang, C&C.
C&C menampilkan faktor kekuatan dan kelemahan pada pasukanmu dan lawan. Kedua faktor ini berpengaruh besar pada pengaturan taktik dan strategi. Inilah yang disukai dari C&C dan membuat game terasa lebih menantang.

SUPER MARIO 64
Nintendo of America, Inc. - Nintendo Co, Ltd. - Action 1996 - Nintendo 64

Welcome to 3D World!
Serial kebanggaan Nintendo, Mario Bros, beralih dari side-scrolling action ke dunia full 3D. Segala sesuatu tentang petualangan 3D Mario yang pertama ini seperti gerakan, desain level, objek, dan kontrol kamera menjadi contoh bagi platformer 3D berikutnya.
Super Mario 64 ini juga merupakan game pertama yang menyediakan stik analog sekarang jadi standar industri untuk kontroler. Game-game action saat ini mencoba berbeda dari yang lainnya, tapi tetep saja mereka berhutang dengan apa yang sudah dipelopori Super Mario 64 tentang bagaimana perasaan dan melihat dari sebuah dunia 3D virtual.

METAL GEAR SOLID
Konami of America, Inc. - Konami Entertainment Japan Co, Ltd. - Action - 1998 - PSone

Spesialis Mata-mata
Game yang bagus tidak cuma asyik dimainkan, tapi juga enak dilihat. Dua faktor itu ada dalam Metal Gear Solid. Karena game ini adalah yang pertama yang menampilkan motion picture-quality cinematics dan voice-acting. Jadi, sama dengan game-game Final Fantasy.
Kelebihan lain MGS, merupakan game action pertama yang berfokus pada pengembangan karakter dan alur cerita. Masih ada nilai plus game yang diciptakan oleh kreator Hideo Kojima ini, yaitu melahirkan subgenre stealth. Solid Snake, si karakter utama, harus bergelantungan di dinding, merangkak di sepanjang lubang ventilasi, atau mengendap-endap di belakang musuh untuk menyergap musuh.

FINAL FANTASY VII
Sony Computer Entertainment America, Inc. - Square Co, Ltd. - RPG - 1997 - PSone

Menuju Era Baru
Kalangan industri video game menyebut Final Fantasy VII sebagai game RPG paling keren sepanjang masa. FF VII mengantarkan genre RPG ke era baru, yaitu mengubah cara pandang orang tentang penceritaan (storytelling) dan jangkauan dalam game. Penggunaan sinematik untuk menceritakan kisah merupakan sumbangan terbesar dari game ini.
Full motion computer graphic cutscenes bukan cuma sebagai media untuk storytelling, tapi juga sistem utama untuk memajukan cerita. Beberapa cutscene dalam Ninja Gaiden, Warcraft III, dan Metal Gear Solid tanpak menyatu dengan cerita dan gameplay, mengikuti pola FF VII.

ULTIMA ONLINE
Origin System - RPG - 1997 - PC

Lahirkan MMORPG
Ultima Online memelopori fenomena Massively Multiplayer Online yang sekarang lagi menjamur. Kisah fantasi virtual dengan konsep antara lain menciptakan karakter, membangun masyarakat dan sektor ekonomi.
Setelah Ultima Online dirilis, genre-genre lain mulai meminjam elemen-elemen yang digunakan dalam game PC garapan kreator Richard Garriot (Lord British) ini. Misalnya, PlanetSide (FPS) dan Mechassault 2: Lone Wolf's Live.

GRAN THEFT AUTO III
Rockstar Games - DMA Design Ltd, - 2001 - PS2

Tetap Populer
Setiap era konsol biasanya diikuti oleh rilisnya game yang membawa perubahan. Kalau Super Mario Bros menjadi "sesepuh" game platform pada masa kejayaan NES, Grand Theft Auto III menimbulkan kehebohan di pasaran game PS2. Sudah hampir empat tahun lalu game ini dirilis, tapi popularitasnya masih terasa sampai sekarang.
Sebetulnya tidak ada format baru dalam gameplay GTA III yang bikin game ini populer, tapi gabungan genre di sini mampu membuat player merasakan seolah-olah berada dalam dunia virtualnya. Kelebihan game ini yang ditiru oleh SSX 3 dan Jak II adalah aspek desain level "open world"-nya.

Sumber: Majalah Hotgame Edisi 136, Kamis, 3 Februari 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar