Selasa, 08 Maret 2011

Macam-Macam Genre Game

Game dari tahun-tahun semakin banyak saja jenisnya, teknologi yang dipakai pun semakin canggih. Nah dari ratusan atau bahkan ribuan game yang telah bermunculan di dunia, game-game tersebut dikelompokkan menjadi beberapa genre. Pada dasarnya, genre-genre tipe game yang beredar di pasaran dapat dikelompokkan sebagai berikut.

¨      Action Game
Adalah tipe game dengan fitur utama berupa banyaknya aksi di mana pemain harus memiliki keterampilan reaksi yang cepat untuk menghindari musuh atau menghindari rintangan. Pengembang game tipe ini perlu memastikan game yang dibuat dioptimasi sehingga pemain memiliki pengalaman bermain yang baik, yang tidak terganggu oleh delay proses yang lama.
Contoh: Metal Gear Solid


¨      Adventure Game T
Adalah tipe game yang umumnya membuat pemain harus berjalan mengelilingi suatu tempat yang terkondisi, seperti sebuah istana, gua yang berkelok, dan planet yang jauh. Pemain melakukan navigasi suatu area, mencari pesan-pesan rahasia, memperoleh obyek yang memiliki kemampuan yang bervariasi, bertempur dengan musuh, dan lain-lain. Untuk membuat game ini, diperlukan perencanaan yang akurat sehingga memiliki alur cerita yang menarik bagi pemain.
Contoh: Tomb Raider


¨      Sport Game
Adalah tipe game yang berupa kompetisi antara dua pemain atau lebih, di mana pemain dapat berupa individual atau tim. Contoh game tipe ini antara lain sepakbola, bola basket, tenis, dan bilyard. Tergantung seberapa cepat permainan yang terjadi, aplikasi game perlu dioptimalkan.
Contoh: Pro Evolution Soccer

¨      Role Playing Game (RPG)
Adalah tipe game yang seringkali berupa multi-player game di mana setiap pemain memiliki karakter dengan kemampuan, kekuatan, dan kelemahan yang spesifik. Para pemain saling berkompetisi, berinteraksi, dan bertempur satu sama lain. Tampilan grafis yang khas untuk setiap karakter pemain ditambah dengan storyline yang mendebarkan akan sangat menarik dan memberikan pengalaman yang berbeda di dalam bermain.
Contoh: Final Fantasy


¨      Platform game
Adalah tipe game yang mengharuskan pemain mengarahkan suatu obyek dengan melalui berbagai tahap atau tingkatan area untuk menyerang musuh dan menghindar terhadap serangan. Tipe game ini sedikit serupa dengan action game, tetapi aksinya tidak secepat action game. Teknik collision detection sangat sering dimanfaatkan pada tipe game ini.
Contoh: Sonic The Hedgehog & Mario Bros


¨      Puzzle Game.
Adalah tipe game yang umumnya membuat pemain menggunakan kemampuan berpikirnya sebagai pengganti keterampilan reaksi yang cepat karena terdapat rahasia yang perlu dipecahkan. Game ini lebih bersifat statis dibanding action game. Pembuatan game tipe ini seringkali ditunjang dengan algoritma artificial intelligence.
Contoh: 7  Wonders of The Ancient World


¨      Sandbox Game
Adalah tipe game yang umumnya ditujukan untuk menjelajahi suatu kota atau tempat dan bebas berinteraksi dengan objek disekitarnya. Mungkin game ini bisa di bilang mirip RPG tapi Sandbox sangat berbeda dengan RPG game, perbedaannya adalah tidak adanya peningkatan level karakternya.
Contoh: GTA & Bully


¨      First-Person Shooter (FPS)
Adalah tipe game yang mengunakan sudut pandang orang pertama untuk membidik atau membunuh musuh, sehingga kita hanya melihat tangannya saja dan tidak melihat tubuh karakter yang dimainkan.
Contoh: Call of Duty


¨      Third-Person Shooter (TPS)
Adalah tipe game yang mirip dengan FPS, tapi bedanya tipe game ini mengunakan sudut pandang orang ke-3, sehingga kita bisa melihat seluruh tubuh karakter yang dimainkan.
Contoh: Gears of Wars


¨      Music Game
Adalah tipe game yang menuntut pemainnya untuk menekan tombol sesuai dengan tombol yang ada di layar dengan diiringi dengan musik.
Contoh: Guitar Hero & Dance Dance Revolution


¨      Fighting Game
Adalah tipe game yang intinya harus menjatuhkan lawan tandingnya, entah itu dengan pukulan, tendangan, combo, maupun dengan jurus special.
Contoh: Tekken & Mortal Kombat


¨      Strategy Game
Adalah tipe game yang mengharuskan pemainnya menggunakan taktik dan strategi untuk jeli dalam melihat setiap peluang, kelemahan musuh dan bijaksana dalam menggunakan sumber daya yang ada.
Contoh: Command & Conquer


¨      Simulation Game
Adalah tipe game yang memberikan pengalaman atau interaksi sedekat mungkin dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut.
Contoh: Gran Turismo


¨      Racing Game
Adalah tipe game yang tujuannya adalah mencapai garis finish dari suatu race, dalam game ini biasanya pemain dapat memilih & membeli kendaraan, mendandani, mengupgrade mesin dsb.
Contoh: Need For Speed


Sumber:

3 komentar:

  1. klo bleh nanya contoh game dari semuanya selain dari itu apalagi ya???

    -hanan-

    BalasHapus
  2. ACTION = God of War
    ADVENTURE = Spyro
    SPORT = FIFA Soccer
    RPG = Persona
    Platform = Mario Bros
    Puzzle = Tetris
    Sandbox = Bully
    FPS = Medal of Honor
    TPS = Resident Evil
    MUSIC = AyoDance
    Fighting = Street of Fighter
    Strategy = Rise of Nations
    Racing = Needs For Speed
    Simulation = SIMS

    BalasHapus