Senin, 26 Oktober 2009

PENGARUH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT

                 Pengetahuan merupakan pengalaman yang bermakna dalam setiap diri manusia yang tumbuh sejak dilahirkan. Oleh karena itu manusia yang normal sudah pasti memiliki pengetahuan. Pengetahuan mempunyai sifat yang acak. Dalam kehidupan yang semakin berkembang dan penuh tantangan, nilai fungsionalnya tidak mencapai optimal untuk menghadapi tantangan dan pemecahan masalah yang rumit. Agar nilai fungsionalnya menjadi optimal maka pengetahuan yang acak tersebut harus ditingkatkan menjadi ilmu.
Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan fakta-fakta dan aturan-aturan yang ada hubungannya antara satu dengan lainnya. Ilmu pengetahuan sangat penting dalam kehudupan manusia, karena dengan ilmu pengetahuan manusia dapat mengembangkan daya kemampuan yang dimiliki.
Pengetahuan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pengetahuan pemanfaatan benda , ala-alat, senjata, dan juga hewan, menjadi mudah dan terarah untuk mencapai hasil. Apalagi jika pengetahuan tersebut telah tersusun dan ditimgkatkan menjadi ilmu pengetahuan, maka penerapan pemanfaatan benda, alat, dan senjata tersebut akan menjadi lebih baik lagi. Penerapan pengetahuan dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghasilkan sesuatu, membuahkan kemampuan yang disebut teknologi.



Perkembangan ilmu pengetahuan selalu diikuti oleh perkembangan teknologi. Teknologi adalah suatu studi sistematik akan tekni-teknik untuk membuat dan mengerjakan berbagai benda, sedang ilmu adalah usaha sistematik untuk memahami dan menafsirkan dunia.
Dengan demikian teknologi itu berkaitan dengan pembuatan dan penggunaan benda, ala-alat dan artefak-artefak, ilmu dicurahkan untuk usaha yang lebih konseptual untuk memahami lingkungan, dan tergantung pada keahlian yang relatif canggih dibidang baca tulis dan berhitung.

Jadi dapat disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan muncul sejak adanya peradaban-peradaban baru, sementara teknologi sama tuanya dengan kehidupan manusia itu sendiri.



Seperti kita ketahui saat ini, terasa atau tidak terasa, suka atau tidak suka, kita sedang terbawa oleh perubahan zaman yang sangat besar yang menyangkut segala aspek kehidupan menuju suatu era globalisasi. Pertanyaannya sekarang sejauh manakah peran serta anda dalam era globalisasi tersebut ?. Sebenarnya yang diinginkan bangsa indonesia adalah kita sebagi bangsa yang besar, harus dapat berperan secara aktif dalam era globalisasi. Tentu saja kita tidak ingin menjadi mainan bangsa lain. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menyongsong era tersebut. Salah satu alternatifnya adalah mempersiapkan sumber daya manusia melalui proses pendidikan.

Jadi masalah utama yang segera harus di jawab adalah, bagaimana cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut dalam rangka menyongsong era globalisasi ? salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi sedini mungkin dalam pendidikan , baik formal maupun non formal. Karena anak didik kita merupakan sumber daya manusia dimasa akan datang.


Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, kita akan diharapkan pada perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang sangat cepat. Demikian juga halnya dengan kebudayaan akan berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi tersebut.



Menghadapi keadaan seperti ini,masyarakat perlu diarahkan pada sikap “sadar teknologi” atau “melek teknologi”. Kemajuan yang sering diartikan sebagai modernisasi,menjanjikan kemampuan manusia untuk mengendalikan alam melalui ilmu pengetahuan, meningkatkan kesajahteraan material melalui teknologi, dan meningkatkan efektivitas bermasyarakat melalui penerapan organisasi yang berdasarkan pertimbangan rasional.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan suatu bangsa tergantung pada panguasaan ilmu pengetahuaan teknologi, Dengan ilmu pengetahuan teknologi pula manusia dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah dibayangkan.



Eksistensi ilmu pengetahuan teknologi dalam suatu masyarakat merupakan kekayaan budaya yang sangat penting bukan hanya bagi masyarakat yang bersangkutan, melainkan untu seluruh umat manusia. Kemajuan ilmu pengetahuan teknologi sangat ditentukan oleh keberadaan kebudayaan yang menghidupkan dan mendukung semangat untuk mengeksplorasi dunia yang belum diketahui. Inilah yang disebut melakukan penelitian atau riset.
Gelombang kemajuan ilmu pengetahuan teknologi di beberapa bidang seperti transportasi, komunikasi, informasi, dan energi telah banyak membawa perubahan pada kehidupan dan gaya hidup manusia yang lebih dinamis. Kemajuan teknologi transportasi misalnya, memungkinkan manusia senantiasa berada dalam mobilitasi yang tinggi, bergerak dari suatu tempat ke tempat yang lain dalam frekuensi tinggi, tampak dunia semakin sempit.
Sementara kemajuan di bidang teknologi informasi menciptakan berbagai kemudahan pertukaran dan lalu lintas arus informasi lebih cepat dan transparan, membuat dunia tanpa batas. Pertukaran informasi dimungkinkan dalam berbagai bentuk dan dalam berbagai media cetak maupun elektronika. Mobilitasi dan segala kemudahan gaya hidup, hanya dapat diperoleh, ketika kemajuan yang lain dicapai yaitu kemajuan teknologi dan pengelolaan energi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pada saat ini, segala aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat modern sangat tergantung pada energi. Hampir di semua sektor kegiatan, energi menjadi kebutuhan pokok yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Oleh karena itu kemajuan suatu negara akan sangat terkait dengan energi di negara tersebut, misalnya negara-negara maju Amerika, Jepang, Korea, dan negara-negara Eropa lainnya.


Pendidikan ilmu pengetahuan teknologi diterapkan sejak dini melalui pendidikan formal dari SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Semangat untuk meneliti sudah diterapkan sejak SD. Dimana setiap liburan panjang para murid SD mendapat pekerjaan rumah tentang penelitian yang bertena bebas. Hasil penelitian mereka berupa laporan dan diumumkan di depan teman-temannya di kelas. Begitu juga di tingkat SMP dan SMA, mereka sudah dikenalkan dengan budaya meneliti, walaupun mereka laksanakan secara kelompok. Sedangkan pada tingkat perguruan tinggi, menempati peran yang sangat strategis.



Sosialisasi ilmu pengetahuan teknologi di Indonesia masih belum cukup. Kennyataan memang ada situs yang menyajikan berita tentangilmu pengetahuan teknologi, dan berita ini selalu di update setiap hari. Namunyang dapat menikmatinya hanyalah kalangan yang mampu mengoperasikan internet, antara lain dari kalangan pelajar,inipun masih sangat terbatas di daerah perkotaan dan daerah pinggiran. Memang pendidikan ilmu pengetahuan teknologi telah dimasukkan dalam kurikulum sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi. Namun itupun masih sangat terbatas dalam penguasaan teknologi modern tersebut. Sebagai contoh sederhna, banyak dijumpai di kalangan pelajar bahkan mahasiswa sekalipun masih banyak yang belum mampu mengeperasikan komputer. Dengan kondisi seperti itu, akibatnya informasi ilmu pengetahuan teknologi hanya dapat meranbat pada masyarakat golongan menengah ke atas. Sedang masyarakat pedesaan belum dapat menikmati hasil perkembangan ilmu pengetahuan teknologi tersebut.

Alat yang paling efektif untuk penyebaran ilmu pengetahuan teknologi adalah media massa dan media elektronika. Khususnya televisi, selain sebagai ajang promosi/iklan produk berteknologi baru, juga sebagai alat informasi yang efektif untuk memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekarang diindonesia televisi dan koran daerah telah menjamah pedesaan, sehingga menambah kelancaran informasi bagi masyarakat, termasuk informasi tentang penelitian.

sumber : halamansebelas.co.cc

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar